Rabu, 15 Mei 2013

Digital Marketing dan Financing


well...hari ini saya kuliah Pengantar Bisnis dengan topik pembahasan yaitu Digital Marketing.
Kata marketing tak lepas dari sebuah produk, dan sebuah produk akan dikaitkan dengan manajemen produksi karena produk diproduksi melalui proses transformasi dari bahan baku yang diatur sedemikian rupa sehingga menjadi barang jadi.


Marketing adalah sebuah grup dari beberapa aktifitas yang didesain untuk mencapai sebuah transaksi (perdagangan atau penjualan) dengan membuat produk, penetapan harga, mempromosikan produk, mendistribusikannya serta mengaitkan jasa dan ide kreatifitas.



Marketing konsep itu sendiri ialah ide yang harus dilakakukan oleh sebuah organisasi untuk memuaskan para konsumennya melalui aktifitas-aktifitas yang terkoordinir dengan tujuan utamanya yaitu mencapai target organisasi atau perusahaan tersebut (profit).

Evolusi dari Konsep Marketing:
  • Berorientasi kepada produksi
          Orientasi ini difokuskan kepada produksi masal dimana untuk meningkatkan efisiensi dari sebuah    teknology baru pada saat itu (19th century)
  • Berorientasi kepada penjualan
        Pada awal abad  ke-20 orientasi orientasi produksi beralih ke penjualan dengan berfokus pada proses   penjualan produk ke konsumen.  Menyadari bahwa penjualan sebagai faktor yang penting dalam  meningkatkan profit. Pada abad ini banyak yang percaya bahwa sektor terpenting dalam marketing adalah penjualan dan periklanan.
  • Berorientasi kepada pasar
   Pada tahun 1950 an, pembisnis mulai menyadari bahwa produksi yang efisien dan promosi yang besar-besar tidak menjamin penjualan. Oleh karena itu, mereka mulai mengidentifikasikan produk apa yang diinginkan konsumen dan kemudian mereka memproduksinya dibandingkan membuat produk terlebih dahulu baru setelah itu mempengaruhi konsumen kalau barang itu adalah barang yang mereka butuhkan agar membeli produk tersebut.
 
Nah itu sekilas mengenai evolusi konsep marketing, sekarang baru membahas digital marketing.